Pemilihan Duta Wisata Sulawesi Selatan 2019, Siap Digelar !!

Pemilihan Duta Wisata Sulawesi Selatan tahun 2019 kembali digelar. Pemilihan ini akan berlangsung selama tujuh hari, dimulai dari tanggal 29 Juni hingga berakhir di malam Grand Final pada tanggal 5 Juli 2019 di Ballroom Swissbell-in, Panakkukang Makassar.

Pencarian Duta Wisata yang digelar secara rutin tiap tahun oleh Asosiasi Duta Wisata Indonesia (ADWINDO) juga akan mencari Duta Wisata yang akan dikirim pada pemilihan tingkat nasional di Bali, Desember mendatang.

Pembina ASWINDO Sulsel, AM Imran Zulkarnain mengatakan, pemilihan pada tahun ini juga atas kerjasama dengan Dinas Parawisata Sulsel. Tidak hanya itu, selain dari instansi pemerintahan turut pula sejumlah instansi bekerjasama dalam menyelenggarakan kegiatan itu.

“Dengan kerjasama yang baik tersebut, penyelenggaraan tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya dengan berbagai kegiatan yang menarik. 

Dimulai dengan technical meeting pada tanggal 29 Juni, kemudian dilanjutkan dengan Welcome Dinner yang akan berlangsung di Gedung Patingalloang, Kompleks Rumah Jabatan Gubernur Sulsel,” kata Imran, Jumat (28/6/2019).

Selain itu, finalis akan berkumpul di Benteng Somba Opu untuk sesi photoshoot dengan menggunakan baju daerah dari Kabupaten/kota masing-masing finalis.

“Hasil dari foto ini akan diunggah di akun Instagram dari ADWINDO Sulsel di @officialduwissulsel. 

Masyarakat pun bisa berpartisipasi mendukung jagoannya dengan system voting melalui aplikasi gojek dengan cara scan barcode yang akan tersedia di akun Instagram tersebut,” imbuhnya.

Pemenang dengan jumlah voting terbanyak akan meraih predikat sebagai duta wisata favorit, dan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar 500 ribu rupiah dari PT Gojek Indonesia.

“Esok harinya, finalis akan mengikuti wawancara dan tes tertulis di Gedung Patingalloang,” jelas Imran.

Di hari ke empat, semua Finalis akan mempertunjukkan bakat mereka di Phinisi Point Mall pada tanggal 2 Juli 2019. Lebih menariknya, finalis akan diajak mengunjungi Wisata Pantai Sampulungan, Kabupaten Takalar.

“Dalam karantina selama dua hari ini, peserta akan mendapatkan pembekalan mulai dari materi kepariwisataan, kebudayaan Sulawesi Selatan, public speaking, kelas kecantikan, hingga kelas koreografi,” tuturnya.

Puncaknya, seluruh finalis yang terdiri dari perwakilan 24 kabupaten/kota se Sulawesi Selatan ini akan berkompetisi di malam grandfinal untuk memperebutkan gelar Duta Wisata Sulsel 2019.

“Pemenang akan mendapatkan berbagai bingkisan menarik dari sponsor dan hadiah senilai total 16 juta rupiah dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan. 

Pemenang baru akan menggantikan Al Mustawa (Gowa) dan Affi Widiyantari Putri (Makassar), Duta Wisata Sulsel 2018 yang sukses merebut predikat Duta wisata Favorit di tingkat Nasional pada Desember 2018 lalu,” tandasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *