Dispar Makassar Gelar Festival Losari yang memadukan budaya lokal dan modern

Dinas Pariwisata Makassar tak henti mempromosikan budaya lokal Sulawesi Selatan. Perangkat kerja yang di pimpin oleh Kamelia Malik ini akan menghelat Festival Losari pada 27 sampai 28 Juli 2019 mendatang

Kegiatan ini menampilkan budaya empat etnis Sulsel, diantaranya Bugis, Makassar Toraja, dan Mandar.

Kabid Promosi Wisata Dinas Pariwisata Makassar Muhammad Roem mengatakan tidak sekedar kesenian tari, festival ini juga akan menyuguhkan tayangan musik daerah, serta jajanan tradisional. Lanjut Roem, Festival Losari ini adalah agenda rutin Dinas Pariwisata Makassar dalam mengembangkan, mempertahankan, dan melestarikan budaya kearifan lokal  Makassar

Festival Losari 2019 ini lebih kepada pertunjukan kesenian tari dan musik tradisional, “Jadi yang kami lakukan ini sebagai bentuk komitmen, antara pemerintah, pelaku pariwisata, dan masyarakat kota Makassar untuk memajukan budaya lokal,”.

Roem menyebutkan, Makassar sebagai pusat perekonomian, sekaligus ibukota Sulsel komitmen dalam budaya kearifan lokal Makassar serta etnis di Sulawesi Selatan. 

Salah satu komitmen itu yakni dengan pelaksanaan festival losari, yang akan di laksanakan di Anjungan Pantai Losari Jl Penghibur,  Kecamatan Ujung Pandang Kota  Makassar.

Festival ini akan menampilkan 50 penari, 8 band, dan 1 artis lokal. Para peserta ini akan mempertunjukkan budaya lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *